Sejarah Penemuan Hand Phone

http://newsphonecell.com
Tak banyak diantara kita yang tahu kapan ditemukan Telepon Selular. Aneh sebenarnya, barang ini adalah sesuatu yang selalu setia menemani kita dari pagi hingga pagi lagi, tapi kita tidak pernah mencari tahu sejarahnya. Telepon selular atau handphone  pertama kali diperkenalkan pada hadir tanggal 3 April 1873 di New York Amerika Serikat. Nah sekarang kita tahukan tempat dan tanggal lahir barang kesayangan kita?

Sejarah handphone pertama kali dibuat masih berupa oleh prototype oleh Motorola  yang diuji coba oleh Martin Copper.  Saat melakukan percobaan itu, dia sempat dianggap aneh oleh orang yang melihatnya, karena dia berjalan dan berbicara dengan sebuah alat yang dianggap asing.  Martin Cooper sang penemu telepon genggam  sendiri mungkin dulu tidak pernah membayangkan bahwa karena pesatnya tehnologi, telepon selular yang dulu sangar besar ukurannya bisa menjadi sekecil seperti yang kita pakai sekarang.  Martin Marty Cooper (lahir 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, USA) yang merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car Phone). Cooper adalah CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan direktur Penelitian dan Pengembangan Motorola.

Pada awal 1970-an, John F. Mitchell , kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola memberi tanggung jawab pada Cooper di divisi telepon mobil (Carphone).  Mitchell dan Cooper membayangkan sebuah produk komunikasi yang tidak hanya terpaku di dalam mobil. Sehingga alat tersebut haruslah kecil dan cukup ringan untuk menjadi alat portabel. Butuh waktu 90 hari pada tahun 1972 untuk menciptakan prototipe pertama dari ide tersebut.

Cooper dan para insinyur yang bekerja untuknya, serta Mitchell akhirnya mengajukan hak paten atas penemuan “Radio Telephone System" pada tahun  1973  dan baru pada tahun 1975 pengajuan tersebut disetuji.  Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (handphone) pertama dan orang pertama yang melakukan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973. Kejadian yang bersejarah tersebut disaksikan di muka umum di depan wartawan dan orang orang yang lewat di jalan kota New York. Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs.


Category Article , ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Blogroll

Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!