Tips Mencari Pekerjaan Online


Dunia pencarian pekerjaan telah terjadi perubahan yang  cukup signifikan pada beberapa dasa warsa  terakhir ini.  Banyak perusahaan saat  kini telah memanfaatkan internet untuk mencari tenaga kerja, dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah dengan membuka lowongan pekerjaan di media internet, mereka akan dapat tenaga kerja dari berbagai daerah dalam waktu singkat dan tentu saja salah satu kualitas dari pelamar sudah dapat dinilai. Kualitas kemampuan memanfaatkan tehnologi informasi. Dan memang banyak pencari kerja yang berusaha mendapatkan informasi lowongan kerja secara Online. Selain itu dari segi biaya, baik penyedia pekerjaan maupun pencari kerja telah melakukan efisiensi biaya karena “transaksi” dilakukan lewat internet sehingga biaya pembuatan surat lamaran, seperti untuk pembelian kertas, pena, amplop, prangko, tak diperlukan lagi. Bahkan tes tertulis dan wawancarapun telah bisa dilakukan dengan On Line.

Jika anda saat ini tengah membutuhkan pekerjaan, jelas pilihan mencari pekerjaan Online adalah salah satu pilihan yang harus anda perhitungkan. Ada beberapa tips mencari pekerjaan Online  yang kami dapatkan dari berbagai sumber agar anda berhasil  mendapatkan  pekerjaan.

1.    Sebelum memutuskan untuk mengirimkan lamaran pekerjaan anda,  cobalah untuk mencari informasi tentang perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja anda. Informasi tersebut bisa tentang  lokasi perusahaan, jenis produk yang dihasilkan, jenis pekerjaan yang dibutuhkan, dan sebagainya. Karena bisa saja perusahaan yang membutuhkan tenaga Anda ternyata lokasinya berada di tempat yang sangat jauh dari tempat tinggal Anda dan Anda tidak siap untuk ke sana sehingga akan percuma saja lamaran yang Anda kirimkan karena Anda ternyata tak berminat untuk bekerja di perusahan itu.

2.    Siapkan berkas lamaran dalam bentuk file-file dengan benar dan lengkap. Sebaiknya berkas discan warna agar semua berkas aslinya dapat terbaca baca dengan jelas dan sesuai aslinya. Anda harus memikirkan apakah lamaran kerja yang akan anda masukkan akan langsung di kirim ke website/email perusahaan langsung atau melalui portal penyedia lowongan kerja. Saat ini banyak sejumlah portal yang menyediakan jasa lowongan pekerjaan yang bisa Anda ketahui lewat mesin pencarian.

3.    Isi biodata pribadi Anda dengan jelas dan jujur. Cantumkan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja Anda yang bisa menambah nilai lebih bagi perusahaan pencari kerja untuk melirik Anda. Jangan lupa cantumkan lokasi tempat tinggal dan kontak person Anda secara benar untuk memudahkan perusahaan bila akan menghubungi Anda.

4.    Buatlah lamaran pekerjaan dengan benar, rapi,  enak dibaca, terstruktur, berurutan dan jelas. Gunakan ukuran huruf standa antara 10 hingga 12pt,  type huruf times new roman biasanya adalah pilihan terbaik.

5.    Anda harus selalu mengecek email anda setiap hari karena bisa jadi perusahaan lebih memilih untuk mengirimkan jawaban via email, bukan melalui telepon sekaligus untuk memastikan bahwa anda memang aktif di dunia on line.

Semoga sukses mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang anda inginkan...!


Category Article , ,

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.

Blogroll

Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!